Teori Keynes yang Mirip Ibnu Khaldun


Teori Keynes yang mirip Ibn Khaldun diaplikasikan Amerika guna mengatasi depresi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jean David C Boulakia dalam artikel berjudul ‘’Ibn Khaldun: A Fourteenth Century Economist’’, konsep peran pemerintah dalam kebijakan stabilisasi untuk menghasilkan kelebihan permintaan dalam ekonomi dirumuskan Ibn Khaldun lima abad sebelum John Maynard Keynes. Ekonom Inggris itu mencetuskan teorinya pada awal abad ke-20 yang akhirnya menjadi panutan seluruh dunia. 

Sama seperti Ibn Khaldun, Keynes juga menekankan pentingnya kelebihan permintaan yang diciptakan pemerintah untuk meningkatkan output (produksi), menciptakan proyek padat karya seperti infrastruktur (public works), dan meningkatkan kepercayaan diri kalangan dunia bisnis untuk meningkatkan lapangan kerja.

Teori Keynes yang mirip Ibn Khaldun diaplikasikan Amerika lewat berbagai proyek infrastruktur masif untuk mengatasi dampak Depresi Hebat tahun 1930. Kebijakan ini diulangi lagi untuk memperingan dampak krisis finansial global tahun 2008. 

Sementara itu, dalam soal spesialisasi, pembagian tenaga kerja (division of labor), dan teori nilai, apa yang dikemukakan Ibn Khaldun ternyata bersinggungan dengan teori yang dicetuskan Adam Smith (1723-1790) dan David Ricardo (1772-1823).

Ilmuwan Muslim se jak abad ke-7 sebenarnya sudah menyatakan bahwa tenaga kerja adalah sumber utama penentuan nilai. Adalah Ibn Khaldun yang melengkapinya dengan menyatakan bahwa,’’Mulanya tidak ada apa pun kecuali tenaga kerja, walau sebenarnya hal itu tak diinginkan oleh mereka namun nilai itu ditentukan darinya.’’

Ibn Khaldun tak menafikan bahwa keahlian juga menentukan nilai, namun ‘’Nilai dari laba dan modal harus me masukkan nilai dari tenaga kerja. Tanpa tenaga kerja, tak bakal ada keuntungan.’’ 

Ekonom Skotlandia David Hume (1711-1776) kemudian mengambil inspirasi ini dalam buku Political Discourses yang terbit pada 1752 dengan menu liskan ‘’segala yang ada di dunia ini dibeli dengan tenaga kerja’’ yang kemudian dijadikan catatan kaki oleh Adam Smith dalam buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations yang terbit tahun 1776 bahwa ‘’Apa pun yang dibeli dengan uang sebenarnya dibeli dengan tenaga kerja, sebanyak kerja keras yang mampu di la kukan tubuh kita.’’ 

Menurut pemikiran Adam Smith yang kemudian dikembangkan oleh David Ricardo, nilai suatu objek sebanding dengan waktu yang digunakan oleh tenaga kerja untuk memproduksinya. Karl Marx (1818-1883) dalam buku Zur Kritik der Politischen Ökonomie kemudian menyimpulkan bahwa ‘’upah buruh harus sebanding dengan hasil produksinya.’’ 





Source link

Jalur Mudik di Lampung Dipastikan Lancar


LAMPUNG – Jalur mudik di Lampung dipastikan aman dan lancar. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, usai rapat koordinasi di ruang rapat utama Pemprov Lampung bersama Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dan Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, Kamis (23/5/2019).

“Menurut saya dengan fasilitas yang ada berupa jalan tol ini secara tidak langsung itu terbelah. Jadi ada dua alternatif masyarakat bisa menggunakan jalan tol dan jalan biasa,” ujar Budi Karya.

Biasanya, arus mudik Lebaran trjadi oenumpukan di Pelabuhan Bakauheni. Meski demikian, Pemprov Lampung sudah melakukan penambahan bus dan memberikan loket tambahan agar pemudik merasakan kenyamanan dan kelancaran selama di jalan.

“Tapi sekarang isu yang paling besar itu adalah keamanan, tadi dinyatakan Pak Gubernur dan Pak Kapolda dipastikan siang dan malam aman. Maka bisa disosialisasikan kepada masyarakat agar jangan khawatir apabila datang ke Lampung pada malam hari,” katanya.

Berkaitan dengan jalur tol, Budi mengatakan akan dibuat fasilitas rest area dan SPBU bagi pengguna jalan. (koesma/yp)



Source link

Premi Asuransi Umum Tumbuh 19%, Kendaraan hingga Aviasi Turun



Jakarta – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatatkan kenaikan premi bruto pada kuartal I 2019. Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa TI dan Aktuaria AAUI Trinita Situmeang menjelaskan premi bruto asuransi umum kuartal I 2019 tercatat Rp 19,8 triliun tumbuh 19% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 16,6 triliun.

Dia menjelaskan pertumbuhan ini didorong seluruh lini bisnis asuransi di Indonesia. “Kecuali asuransi kendaraan bermotor, aviation, rekayasa dan tanggung gugat (liability) yang mencatatkan pertumbuhan negatif di semester ini dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Trinita di kantor AAUI, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Dia menjelaskan untuk kuartal I asuransi kendaraan bermotor mengalami pertumbuhan yang lebih kecil dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sesuai penjualan kendaraan bermotor yang menurun di kuartal I 2019 dan turunnya kredit kendaraan bermotor pada kuartal I 2019.


Berdasarkan data yang dikumpulkan AAUI penjualan kendaraan roda dua pada kuartal I 2019 tercatat 1,76 juta unit tumbuh 20,99% dibandingkan kuartal I 2018 1,45 juta unit. Kemudian untuk penjualan kendaraan roda 4 ini pada kuartal I 2019 tercatat 315.000 unit turun 4,61% dibandingkan kuartal I 2018 330.000 unit.

Dia menyebutkan, tren industri ini mengalami kenaikan akhir tahun. Meskipun diprediksi ada perlambatan. Kondisi kuartal I masih lambat, namun ke depan preminya diproyeksi akan mengalami kenaikan.

Sementara itu untuk klaim bruto kuartal I 2019 tercatat Rp 8,4 triliun tumbuh 37,9% dibandingkan periode kuartal I 2018 Rp 6,1 triliun. Dia menjelaskan penurunan klaim terjadi pada lini usaha asuransi tanggung gugat atau liability. Sedangkan sisanya mencatatkan peningkatan klaim pada kuartal I tahun 2019.

Trinita menjelaskan pangsa pasar terbesar masih didominasi bisnis kendaraan bermotor dan harta benda dengan proporsi sebesar 47,6%, turun sebesar 3,5% dibanding kuartal I tahun lalu.

(kil/eds)



Source link

Viral Ajakan Demo Bareng Prabowo-Sandi Besok, PA 212: Itu Hoax






Jakarta
Sebuah ajakan untuk ikut demonstrasi menolak hasil penghitungan Pilpres 2019 beredar di aplikasi percakapan (chatting). Disebutkan dalam undangan tersebut Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan ikut serta.

Nama lain yang ada di dalam ajakan tersebut yakni Sekjen Persaudaraan Alumni (PA) 212, Bernard Abdul Jabbar. Bernard mengatakan undangan tersebut merupakan berita bohong (hoax).

“Hoax. Nggak ada aksi,” kata Bernard saat dikonfirmasi, Kamis (23/5/2019).


Dia memastikan tak ada aksi pada Jumat (24/5) besok. Dia mengatakan beberapa rekannya pun sudah menanyakan hal serupa. Di dalam undangan tersebut, nama Bernard disebutkan akan menjadi pemegang komando massa.

Bernard menegaskan undangan tersebut hoax. Dia menjelaskan saat ini unsur-unsur massa pendukung Prabowo-Sandiaga belum melakukan pertemuan untuk berkonsolidasi sehingga tidak mungkin digelar demonstrasi.

Dia menambahkan, saat ini massa masih dalam kondisi berkabung atas meninggalnya Ustaz Arifin Ilham. Bernard mengatakan massa kemungkinan akan kembali aksi untuk mengawal hasil gugatan sengketa Pemilu yang dilakukan di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita masih berduka atas meninggalnya Arifin Ilham. Tapi, tetap jika sudah konsolidasi dengan teman semua, dan menunggu keluar hasil sidang MK, baru kita kawal,” tuturnya.

(jbr/fjp)






Source link

Rupiah Ditutup Menguat pada Perdagangan Sore Ini


Berakhirnya gelombang demonstrasi ricuh kembali membuat investor memborong rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (23/5) sore menguat. Penguatan ini seiring meredanya kericuhan dalam aksi demo yang memprotes hasil rekapitulasi nasional pemilu 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rupiah menguat 45 poin atau 0,31 persen menjadi Rp 14.480 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.525 per dolar AS. Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, berakhirnya gelombang demonstrasi ricuh tadi pagi memberi kepercayaan terhadap pelaku pasar untuk kembali memborong mata uang rupiah.

“Sehingga walaupun isu perang dagang antara AS dan China serta Brexit masih dominan, namun efek meredanya kekisruhan di Jalan Thamrin depan kantor Bawaslu, Tanah abang dan Petamburan. membuat rupiah kembali menguat,” ujar Ibrahim di Jakarta, Kamis (23/5).

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di level Rp 14.521 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp 14.459 per dolar AS hingga Rp 14.525 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis (23/5) menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp 14.513 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp 14.488 per dolar AS.





Source link

Ambulan Berlogo Gerindra Ditemukan Batu Ternyata Milik PT Arsari Pratama


JAKARTA – Polda Metro Jaya menyebutkan ternyata mobil ambulan berlogo Partai Gerindra yang diamankan pada Rabu (22/5/2019) pagi diketahui milik PT Arsari Pratama dan tidak punya fasilitas medis.

“Mobil ini atas nama PT Arsari Pratama yang beralamat di Jakarta Pusat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Mobil tersebut diketahui ditumpangi lima penumpang. Tiga tersangka berasal dari Tasikmalaya, yakni Y (supir), I (Sekretaris DPC Tasikmalaya), dan O (Wakil Sekretaris DPC Tasikmalaya), serta dua tersangka lainnya berasal dari Riau dengan inisial HS dan SGC.

“(Mereka) bertiga (Y, I dan O) menggunakan mobil ambulanberangkat ke Jakarta karena ada intruksi. Karena diperintahkan untuk berangkat ke Jakarta bahwa kalau (kemungkinan) ada korban di kegiatan 22 Mei. Ada perintah dari Ketua DPC kemudian mereka bertiga berangkat ke Jakarta. Tujuan mengirimkan ambulance ke Jakarta untuk membantu korban di kegiatan 22 Mei,” ujar Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/5/2019).

Begitu tiba di kawasan Cokroaminoto, Jakarta Pusat, ketiga tersangka mengangkut dua penumpang lainnya yang belakangan ditetapkan pula menjadi tersangka, yakni HS dan SGC. Kedua tersangka ini berasala dari Riau dan merupakan simpatisan.

Begitu HS dan SGC menumpangi mobil ambulantersebut, mobil n berangkat menuju Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat.

“Jadi berlima mereka berangkat ke arah Bawaslu. Sekitar 04.00 WIB terjadi lempar-lemparan antara petugas dengan pengunjuk rasa di pagi hari itu. Kemudian ada saksi melihat batu diambil dari mobil (ambulance) tersebut,” jelas Argo.

Mendapati mobil ambulan tersebut berisikan batu yang dipergunakan massa untuk aksi ricuh, polisi pun langsung mengamankan kelimanya ke Polda Metro Jaya.

“Kemudian tim menyisir dan ditemukan batu dan (ambulan beserta penumpang) dibawa ke Polda Metro Jaya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengungkapkan, polisi menemukan ambulans berlogo partai yang di dalamnya penuh batu yang berlokasi di dekat lokasi aksi ricuh. Namun ia enggan menyebutkan nama partai yang logonya terpasang di ambulans tersebut. (cw2/b)



Source link

Pemerintah Cari Cara Selesaikan Utang Tuban Petro



Jakarta – Pemerintah masih mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan yang melanda Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro/TPI). Persoalan yang tengah dihadapi Tuban Petro adalah jeratan utang yang merupakan warisan masa lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, beberapa upaya yang tengah dilakukan adalah mengkonversi utang menjadi modal serta pengalihan aset ke Pertamina.

“Sekarang jumlah utangnya plus bunganya sudah cukup besar. Oleh karena itu mereka jadi tersandera oleh kondisi itu,” ujar Sri Mulyani usai Rakor tentang regulasi TPI di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/5/2019).


Konversi utang menjadi modal pun sudah diamanahkan oleh RUPSLB untuk penyelesaian utang Multi Years Bond (MYB) Tuban Petro. Saat ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memiliki saham 70% di Tuban Petro.
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengungkapkan, jika 30% utang yang dikonversikan maka saham Tuban Petro 100% dikuasai pemerintah.

“Jadi kami sedang membahas bagaimana mekanisme untuk konversi utang menjadi saham dalam bentuk penyertaan kemudian bagaimana Pertamina bisa ambil alih,” kata Sri Mulyani.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno beserta pejabat eselon I, lalu ada pejabat Kementerian Sekretaris Negara, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

(hek/fdl)



Source link

98 Orang Perusuh 22 Mei di Pontianak Pakai Sabu







Pontianak
Total 203 orang ditangkap terkait kerusuhan di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (22/5/). 98 perusuh dari 203 orang yang diamankan oleh jajaran Polda setempat dari hasil tes urine diketahui positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu.

“Selain itu, juga diamankan 3 perusuh yang juga kedapatan membawa narkoba,” kata Kapolda Kalbar Irjen Didi Haryono di Pontianak, yang dilansir Antara, Kamis (23/5/2019).

Ia menjelaskan, dari sebanyak 203 perusuh yang diamankan tersebut, 26 orang sedang dilakukan proses pendalaman, sebanyak 76 ditangani oleh Direskrimum Polda Kalbar, dan 16 orang di antaranya anak-anak. Total 203 orang itu sudah dipulangkan ke rumahnya.


“Hari ini sebanyak 203 orang itu kami kembalikan semuanya kepada orang tua masing-masing, dengan jaminan dari Gubernur Kalbar, Sultan Pontianak, dengan maksud memberikan rasa aman, dan mereka berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut, dan apabila melakukannya lagi, maka langsung diproses hukum,” ujarnya.

Menurut dia, dikembalikannya para perusuh tersebut, berdasarkan kesepakatan dengan Forkopimda dan Kesultanan Pontianak yang menjamin warganya tidak akan membuat atau mengulangi perbuatan (perusakan atau pemblokiran jalan) tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, karena sedikit saja terganggu, maka semua pihak akan merasakan dampaknya.

“Untuk berbagai fasilitas umum yang mengalami kerusakan, seperti lampu jalan, lampu pengatur lalu lintas, termasuk dua pos polisi segara akan diperbaiki kembali, dan kami sudah berkoordinasi dengan Pemkot Pontianak,” ujarnya.

(rvk/asp)







Source link

Sambut Jenazah Ustaz Arifin Ilham, Ribuan Jamaah di Az Zikra Sentul Berzikir





JakartaUstaz Arifin Ilham akan dimakamkan di Pompes Az-zikra, Gunung Sindur pada malam nanti. Sebelum itu, jenazah akan disalatkan di Masjid Azzikra, Sentul Bogor Jawa Barat, pada, Kamis (23/4/2019) sore.

Hal itu memang permintaan sang ustaz sebelum meninggal dunia.

Pantauan detikHOT, masjid tersebut sudah kedatangan rombongan jenazah pukul 16.50 WIB. Ribuan jamaah pun antusias ingin mensalatkan sang ustaz.


Seiring dengan itu, lantunan zikir pun bergema di masjid tersebut.

Rata-rata para jamaah telah memadati lantai pertama tempat jenazah akan disalatkan. Namun tak sedikit jamaah yang memadati balkon lantai dua.

Sebelumnya para jamaah juga sudah melantunkan zikir menyambut kedatangan jenazah sang Ustadz usai perjalan dari Bandara Udara Halim Perdana Kusuma.

Diketahui Jamaah dari berbagai kalangan memang sudah berdatangan sejak pagi tadi. Mayoritas memereka memakai baju muslim serba putih baik laki-laki maupun perempuan.

(fbr/dar)





Source link

Pesan Ustaz Arifin Ilham yang Tak Bisa Dilupakan Santri





Jakarta – Kepergian Ustaz Arifin Ilham menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak, termasuk para santrinya. Sosok sang mendiang begitu mengagumkan hingga tak mudah dilupakan.

Seperti yang diungkapkan Muhammad Yamin, salah satu santri di Pondok Pesantren Az Zikra, Cibadung, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Dia menyebut ada sebuah pesan dari Ustaz Arifin Ilham yang terus menempel di pikirannya, yaitu soal kematian.


“Ini adalah perilaku akhlak mulia beliau. Orang yang beriman mempersiapkan hidup dan matinya,” ucap Muhammad Yamin, Kamis (23/5/2019).

“Hidup belajar agama, mati dia beribadah sebanyak mungkin. Sehingga kain kafan pun disiapkan untuk membungkus mayatnya,” sambungnya.

Memang seperti diketahui, Ustaz Arifin Ilham pernah berwasiat ingin disalatkan di dua masjid ponpesnya. Bahkan sebelum meninggal, ia sudah menyiapkan sendiri kain kafan hingga liang lahatnya.

Hal itu dilakukan Ustaz Arifin Ilham karena tak ingin merepotkan orang lain. Itu salah satu prinsip hidup beliau yang selalu diceritakan kepada santrinya.

“Dalam arti kata, prinsip beliau tidak boleh kita bergantung kepada makhluk. Beliau benar-benar mandiri,” ujar Muhammad Yamin.

“Beliau sosok mandiri, jadinya mengajarkan kepada murid-muridnya sambil rileks dan bertanya, beliau berdakwah. Itu yang membuat kita tidak lupa,” tukasnya.

Jenazah Ustaz Arifin Ilham telah tiba di Ponpes Az Zikra, Sentul, Bogor. Setelah magrib, rencananya mendiang akan dibawa ke Az-Zikra Gunung Sindur untuk dimakamkan.

(hnh/dar)





Source link