Transformasi OKP Ke Ormas

PEMUDA PANCASILA WAJIB BANGUN SISTEM KE ORMASAN

Geliat Ormas Pemuda Pancasila pasca ditetapkan menjadi Ormas dari OKP mulai terlihat, geliat konsolidasi yang dilakukan kian nyata dan bertahap mulai mengisi ruang publik

Sudah rahasia umum bahwa Ormas-Ormas di Indonesia tumbuh subur , tak terkecuali Ormas Pemuda Pancasila yang lahir tgl 28 Oktober 1959 , dengan amanah mengawal Dekrit Presiden 1959 yang di keluarkan Presiden Soekarno kala itu.

Tahun 2018 ini Ormas Pemuda Pancasila akan memasuki usia ke 59 tahun , sebuah usia yang tak muda lagi , namun rekam jejaknya terekam jelas dengan dinamika pasang surut yang terjadi sebagai pengayaan dan pematangan Ormas idelogis ini untuk tetap eksis mengisi Pergerakan Sosial di NKRI.

Ada tantangan nyata yang menjadi PR besar kita bersama, terutama terkait konsolidasi organisasi dan pembangunan sistem ke ORMASAN , dimana Pemuda Pancasila harus kembali menyusun Blue Print Gerakan nya yang didukung dengan sistem yang terintegrasi guna meningkatkan mesin sosial Organisasi agar dapat memberikan solusi terhadap persoalan Bangsa saat ini.

Satu kata yang harus di letakan sebagai dasar kita semua melakukan transformasi adalah Komitmen. Dimana komitmen ini di perlukan oleh Ormas Pemuda Pancasila dalam menancapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap gerakannya.

Secara internal pengurus Komitmen ini harus di bangun pararel dengan sistem yang sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini.

Tantangan dan tuntutan kedepannya tidaklah mudah dimana semua jajaran struktur Organisasi di semua tingkatan , harus berani untuk melakukan perubahan mainset berfikir, bertindak dan bergerak.

Adapun Komitmen perubahan Mainset tersebut meliputi :
1. Membangun sistem dan Alur tata laksana kerja organisasi yang terintegrasi.

2. Melakukan perubahan pola Kaderisasi dengan metodologi yang lebih profesional dengan sistem berjenjang dan berkelanjutan.

3. Meningkatkan peran dalam Gerakan Program Sosial dan Perekonomian.

4. Melakukan terobosan dengan mulai membangun Aset-aset Ormas Pemuda Pancasila , seperti Koperasi , Sekolah , Kampus , Klinik bahkan hingga ke Rumah Sakit

5. Melakukan Distribusi kader-kader terbaik Ormas Pemuda Pancasila ke berbagai bidang spt : Sosial, Politik, Ekonomi, Agama dan Budaya.

Semua hal tersebut diatas akan dapat dilakukan jika kita semua dapat bersama-sama melakukan perubahan MainSet berfikir , bertindak dan bergerak secara baik dan benar, diawali dengan taat terhadap sistem dan aturan Organisasi yang di miliki.

Sudah saat nya Ormas Pemuda Pancasila sebagai satu-satunya Ormas Ideologis tertua di Tanah Air kembali ke masa ke emasan nya , karena hari ini kita telah memiliki kader-kader lintas profesi yang jika di konsolidasikan dengan baik , di yakini akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan Ormas Pemuda Pancasila yang kita cintai ini.

Pancasila …3x
Merdeka …!!!

Oleh : Yahya Abdul Habib
Sekretaris Bidang Perekonomian dan Pengembangan Usaha MPW PP DKI Jakarta